Tuesday, July 14, 2015

Menyelamatkan Manuskrip Kuno

Dulu gw suka baca cerpen, and ad bbrp cerpen yg berkesan menurut gw, dari cerpen kita bs masuk k suatu dunia yg lain, seperti terkurung namun juga bisa menerawang bahkan pergi ke mana2, dan menjadi apa saja.

Gw pernah baca cerpen Sepasang Ular karya Budi Maryono yg dimuat d halaman Suara Merdeka Minggu, wkt itu sekitar th 2002 gw jg sempat search itu cerpen d internet ada d situs Sastra Media Salju Bogor, tapi sekarang gw cari2 via Google udh ga ada lagi. N inilah usaha gw buat menyelamatkan "manuskrip kuno" yg mungkin susah dicari di dunia digital (silahkan kalau ad yg mau menuliskanny lagi). -Wkt itu gw udh save dr situs Sastra Media Salju Bogor, tp entah kenapa di komputer gw jd ilang save2anny krn eror n kena virus. Gw jg udh save d lappy gw tp lappy gw kena program ap gak tahu gw file ny jd gak bs dicopy n dibukak, folderny kena Read Only n gak bisa diilangin attributny, tiap kali diilangin setelah di klik ok lalu di klik kanan lagi di properties itu Read Only ny muncul lg, jd gak bs dicopy paste k Flash Disk. :( .Berikut gw scan "manuskrip kuno" tsb.

Selain cerpen ini, gw jg pgn melestarikan bbrp karya2 kuno seperti Panji Koming karya Dwi Koen yg sering dimuat di Harian Kompas hr Minggu. Jg gw pernah baca cerpen di tren atau Yunior Suara Merdeka, tapi sekarang cerpen itu udh ilang, n gw susah nyari di internet. Cerpen itu bercerita ttg seorang cewek naik mobil lalu ad suara d dlm hatiny "masuklah ke gereja itu" lalu dia flashback2 sambil diceritakan dia sedang di depan sebuah gereja n sedang ada kebaktian/misa di gereja tsb. kalo ad yg tahu cerpen itu tolong dimuat d dunia digital y.. Thx u, Gbu

Berikut scan Cerpen Sepasang Ular dr Budi Maryono, dimuat d Suara Merdeka Minggu 2002




Please kalo ad yg puny manuskrip2/cerpen2 kuno yg bercerita ttg gereja, Eropa, dan semacamnya may be bs diupload di internet, krn gw suka itu. Thx, n Gbu.

Btw, gw digegeri suruh ndang golek duit, dipameri wong2 sg jualan online dsb, dipancing2, tp gw gak mau terpancing, krn gw tahu Tuhan akan bekerja sesuai waktu-Nya.. Amin.

No comments: