Saturday, July 19, 2008

Bahasa Jawa

Dalam grammar bahasa Jawa ada yg namany gradasi / tingkatan spt Ngoko, Ngoko Alus, Bhs Madya, Krama, n Krama Inggil. Tapi yang akan saya bahas di sini bukanlah itu. Yang akan saya bahas di sini adalah 3 bentuk bahasa yang ada di Jawa Tengah.

Masih berkaitan dengan postingan saya yang lalu yang bertema merakyat. Salah satu ciri merakyat adalah mau mempelajari budaya setempat, termasuk dalam hal ini adalah bahasa.
Saya mempunyai seorang teman cina dari Solo, dia bukan berasal dari golongan cina yg high class. Walaupun dia orang cina, tapi bahasa Jawanya... beeeeh.... SIP TENAN...!
Dia bisa bahasa Krama Inggil secara luwes dan enak didengar, bener2 siip, bahkan mungkin orang yang asli Jawa bisa kalah bahasa Kramanya sama dia.
Lagipula dia lebih terbiasa menggunakan bahasa Jawa yang "baik dan benar" tidak seperti cina2 laennya yang menggunakan bahasa campuran, yang saya sebut dg bahasa Jawa Mandarin.


Berikut adalah contoh 3 buah bahasa.

Bahasa Indonesia:
Kemarin dia pergi bersama bibinya ke Surabaya.

Bahasa Jawa murni:
Dhik wingi dekne lunga karo bulike neng Suroboyo

Bahasa Jawa Mandarin:
Kmaren deknen pegi mbek tantene ndek Surabaya.

No comments: